Lokasi ID Dalam Bill of Material



Lokasi ID Parts Di Dalam Bill of Material


Berbagai macam part / komponen, proses yang dilakukan di dalam perusahaan manufacturing, tentunya akan banyak memerlukan informasi yang di peruntukan mewakili kondisi tersebut. Dalam membedakan setiap part / komponen , kita harus memahami jenis-jenis proses yang terdapat di dalam proses manufacturing untuk mengidentifikasikan ke dalam Lokasi ID pada setiap part / komponen . 

Lokasi ID sangat di perlukan di dalam bill of material sebagai informasi atau sebagai pengelompokan part / komponen menjadi lebih spesifik, sebagai contoh part / komponen dari proses welding , kita dapat dengan mudah memilah part / komponen yang melalui proses welding tersebut, bayangkan bila anda memiliki ratusan atau bahkan ribuan part tanpa ada informasi lokasi ID tersebut, anda pastinya akan mengalami kesulitan bila harus menyebutkan part yang dalam kategori welding part / komponen.


Secara umum lokasi ID pada part / komponen yang terdapat di dalam bil of material , tidak semuanya melalui proses terlebih dahulu, lokasi ID juda dapat di gunakan apabila kita memiliki lokasi warehouse atau gudang lebih dari pada satu, lokasi id bisa kita wakili dengan menggunakan “warehouse-1, warehouse-2, dan seterusnya. Dari informasi tersebut kita masukkan ke dalam item master yang di gunakan pada bill of material kita.

Untuk lebih detail lagi dalam membuat lokasi id pada item master system anda, kita bagi dalam 2 kategori yaitu : lokasi id receive dan lokasi id stay.

·         Lokasi Id Receive : Adalah informasi yang terdapat dalam part atau komponen yang akan di tuju dan mendiami suatu wilayah secara global. (contoh gambar di bawah pada W1)

·         Lokasi Id Stay : adalah informasi yang terdapat dalam part atau komponen di dalam wilayah tertentu dan memiliki blok / rak / trolly / lantai . (contoh gambar di bawah pada A1,A2,A3 dst)

Contoh gambar di bawah ini adalah salah satu gambaran tentang pemberian lokasi Id untuk part atau komponen di dalam perusahaan anda. Dan contoh mana lokasi seperti : W1-A6 (Part berada di warehouse 1 dan tepatnya posisi di blok A6).



Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Yahoo
Reddit
Feed

Posted by The Rubys on 22.36

0 komentar:

Posting Komentar

free counters

Pengikut

Blog arsip

Statistik