Cara Update Perubahan Bill of Materials



Cara Melakukan Perubahan Part di dalam Bill of Materials



Di dalam Bill of Materials yang dinamis pastinya akan mengalami perubahan-perubahan pada beberapa komponen, baik itu secara langsung ataupun secara tidak langsung. Dalam melakukan perubahan komponen pastinya harus memiliki keriteria yang harus di penuhi. 

Ada banyak faktor yang dapat membuat part / komponen berganti, mulai dari design, material, fungsi, harga dan lain-lain yang di sebabkan oleh kondisi sekitar. Kita ambil salah satu contoh perubahan part di karenakan penurunan harga (cost reduction), di dalam perusahaan biasanya akan melakukan cost reduction sebagai salah satu keuntungan tersendiri tanpa mengorbankan kualitas dari part tersebut , sehingga tidak akan tampak hal negative terhadap produk jadi yang akan di produksi nantinya.

Jika part yang di gunakan import, kita bisa lokalisasi part tersebut bila memungkinkan untuk mendapakan harga yang lebih murah,
Hal apa saja yang perlu di perhatikan dalam perubahan komponen agar bisa berjalan dengan baik..? 

1.       Development :  Part baru harus di persiapkan dari segi harga, target waktu, material/ bahan baku, mesin (jika belum ada) semua di tujukan ke vendor / supplier yang sesuai dengan criteria part yang akan di buat, sampai denga part tersebut “OK” sesuai gambar atau check sheet.

2.       Inventory Stock:  Part lama pastinya memiliki sisa stock sebelum part baru di gunakan, pastikan stock lama masih tersedia sebelum part baru datang. Dan perlu di ketahui juga sisa stock yang masih terdapat di vendor baik itu partnya atau bahan baku pembuatan , bila bahan baku dapat di pakai lagi untuk part yang baru, itu tidak akan menjadi masalah tentunya.

3.       Planning : Tentukan jadwal perubahan yang tepat untuk implementasi part yang baru, di usahakan part lama tersisa dengan sedikit stock saat part baru mulai di pakai .

4.       Record : Catat tanggal mulai di pakainya part baru, hal ini perlu di lakukan apabila part tersebut bermasalah di kemudian hari, kita akan mudah menelusuri sejak kapan di berlakukanya part baru. 

5.       Administration : Hal ini berkaitan dengan pemonoran part baru dan lama , recall / tarik dari peredaran nomor part lama yang masih beredar di lingkungan perusahaan / pabrik , agar tidak terjadi kerancuan kepada pengguna/operator yang berhubungan langsung terhadap part tersebut.  Dan jangan lupa untuk merubah S.O.P .

Dari gambaran di atas tentang perubahan part di dalam bill of material , secara tidak langsung kita tetap  menjaga kualitas produk yang kita hasilkan , sehingga perubahan yang kita lakukan membuat produk kita tetap dalam kondisi yang baik dan  terjaga kualitasnya

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Yahoo
Reddit
Feed

Posted by The Rubys on 22.17

0 komentar:

Posting Komentar

free counters

Pengikut

Blog arsip

Statistik